Astronom Temukan ‘Bintang Gagal’ dengan Gerak Tercepat

Langit malam berbintang/ilustrasi
© Pixabay Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dwi Murdaningsih,JAKARTA — Baru-baru ini para astronom telah menemukan bintang katai coklat tercepat di alam semesta yang diketahui. Menurut para astronom, objek itu berputar dengan sangat cepat sehingga bisa berisiko merusak tubuhnya sendiri.

Katai coklat, atau dikenal sebagai ‘bintang gagal’, terbentuk ketika bintang tidak dapat mengumpulkan massa yang cukup dalam memicu reaksi nuklir. Aktivitas itu, akan mengubah inti mereka dari hidrogen menjadi helium.

“Kami tampaknya telah menemukan batas kecepatan pada rotasi katai coklat,” kata Megan Tannock, astronomi Western University yang memimpin penemuan tersebut dikutip dari Independent, Jumat (9/4).

“Meskipun dilakukan pencarian ekstensif, oleh tim kami sendiri dan tim lainnya, tidak ada katai coklat yang ditemukan berputar lebih cepat. Faktanya, putaran yang lebih cepat dapat menyebabkan katai coklat merobek dirinya sendiri, ” lanjut dia.

Dalam menemukan objek pemecah rekor itu, para astronom dari Western University, Kanada, menggunakan Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA. Penemuan mereka, kemudian dikonfirmasi dengan menggunakan teleskop Gemini North di teleskop Magellan Baade di Hawai’i and Carnegie Institution for Science di Chile.

Saat mengukur putarannya, para ilmuan memantau perubahan cahaya yang dilepaskan, atau kerap disebut efek Doppler. Efek itu, membuat cahaya dipindahkan ke atas atau ke bawah spektrum warna berdasarkan kecepatan dan mencocokkannya dengan gerakan mereka menggunakan model komputer.

“Katai coklat, seperti planet dengan atmosfer, dapat mengalami badai cuaca besar yang mempengaruhi kecerahan tampak mereka,” jelas Tannock dan astronom Universitas Barat Stanimir Metchev.

Leave a Reply

Your email address will not be published.