Mengenal Partikel Elementer (bagian 7) : Hadron dan Mengenal LHC

HADRON

Hadron adalah sebuah partikel yang tersusunt dari beberapa quark yang diikat bersama-sama oleh suatu gaya yang kuat (yang mirip dengan gaya elektromagnetik yang mengikat atom-atom dan molekul-molekul). Hadron , tidak seperti lepton, mengalami interaksi kuat dan linteraksi lemah. Hadron lebih besar dari pada lepton. Hadron dapat dikategorikan menjadi dua kelompok: baryon (yang terdiri dari tiga quark) dan meson (yang terdiri dari satu quark dan satu antiquark). Massa baryon lebih besar atau sama dengan massa proton, sedangkan massa meson terletak antara massa meson dan proton

Hadron-hadron yang paling terkenal adalah proton dan neutron (keduanya termasuk baryon), yang dapat ditemukan dalam inti atom. Semua hadron kecuali proton bersifat tidak stabil dan mengalami peluruhan partikel – akan tetapi neutron bersifat stabil bila berada di dalam inti atom. Meson-meson yang paling terkenal adalah pion dan kaon, yang ditemukan selama berbagai eksperimen sinar kosmik pada akhir 1940-an dan awal 1950-an. Namun demikian, masih terdapat sejumlah besar hadron-hadron lainnya yang telah ditemukan sesudahnya dan terus ditemukan hingga hari ini .

Terdapat kemungkinan adanya jenis-jenis lain dari Hadron, seperti misalnya tetraquark (atau lebih umum disebut meson eksotik) dan pentaquark (atau baryon eksotik), akan tetapi sampai dengan tahun 2010 belum ada bukti yang cukup meyakinkan terhadap keberadaan 

Mengenal LHC :Mesin Eksperimen Pemecah Partikel Terbesar di Dunia

LHC ( Large Hadron Collider) adalah sebuah mesin raksasa yang dibuat oleh para ilmuwan jenius di CERN yang dirancang untuk memecahkan partikel yang diharapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan dalam fisika kuantum. Mesin yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang 27 km dan terletak di kedalaman 175 meter di bawah tanah perbatasan Perancis-Swiss. 

Subjek pemecahan partikel ini telah menarik perhatian para ilmuwan dan penggemar science fiction di seluruh dunia mengingat eksperimen ini juga dipercaya dapat menciptakan lubang hitam mini yang sering dianggap sebagai cikal bakal mesin waktu, walaupun dibantah oleh beberapa fisikawan ternama seperti Michio Kaku.LHC ini juga sempat diangkat dalam novel Dan Brown berjudul Angels and Demons.

Sedangkan CERN adalah organisasi penelitian nuklir Eropa yang bermarkas di Jenewa yang didirikan pada tahun 1954. Fasilitas yang mereka miliki merupakan laboratorium penelitian partikel terbesar di dunia. Saat ini organisasi ini mempekerjakan hampir 8.000 ilmuwan jenius yang mewakili 580 universitas yang berasal dari 80 negara. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui kalau internet pertama kali ditemukan oleh CERN pada tahun 1989.

Dalam teori, jika LHC beroperasi secara penuh, peristiwa ini dapat menjadi bencana besar. Namun menurut para ilmuwan, mereka telah menyediakan sistem keselamatan yang memadai yang dapat mematikan mesin secara otomatis sebelum suhu naik lebih tinggi.

Apabila beroperasi, LHC akan menembakkan proton dan ion timah yang akan bergerak menyusuri rute berbentuk lingkaran dengan kecepatan yang hampir menyamai kecepatan cahaya. Proton dan Ion timah tersebut mengandung energi setara dengan kereta super cepat yang bergerak dengan kecepatan penuh.

Namun eksperimen CERN ini ternyata tidak mendapat kata sepakat di kalangan ilmuwan. Menurut sebagian ilmuwan, jika lubang hitam mini tercipta, dan terjadi sesuatu yang diluar perhitungan, bisa saja lubang hitam tersebut menjadi membesar tanpa terkendali dan menelan apa saja yang berada di dekatnya. Dengan kata lain, Kiamat !

Seperti yang kita ketahui, lubang hitam memiliki gaya gravitasi super kuat sehingga bahkan cahayapun ditelan olehnya.

Karena itu di sejumlah negara di Amerika dan Eropa, beberapa ilmuwan telah mengajukan gugatan hukum agar CERN menghentikan usahanya untuk memecahkan partikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.