Bintang Baru Berukuran 100 Kali Matahari Berkedip Dekat Bima Sakti

Ilustrasi alam semesta galaksi bima sakti(NASA/GSFC)

LONDON, KOMPAS.com – Sebuah bintang raksasa berkedip di dekat pusat galaksi Bima Sakti baru-baru ini. Hasil pengamatan terbaru para astronom menyebutkan, bintang ini terletak lebih dari 25.000 tahun cahaya dari Bumi.

DIlansir The Hill, bintang ini dikenal sebagai VVV-WIT-08, bintang itu sangat redup sehingga hampir menghilang dari pandangan ketika para astronom mengamatinya.

Bukan hal yang aneh kalau kecerahan bintang berubah-ubah. Beberapa bintang sering kali meredup, atau cahayanya dikalahkan bintang lain. Namun, sangat jarang sebuah bintang yang redup menjadi cerah kembali.

Hal ini dalam fenomena astronomi disebut “berkedip.”

“Bagaimana mereka bisa dikelilingi oleh cakram, meski mengorbit begitu jauh dari bintang raksasa? Dengan terus menelitinya, kita mungkin bisa belajar sesuatu yang baru tentang bagaimana sistem semacam ini berevolusi,” tambahnya. Baca juga: Ternyata Begini Cara Astronot Mencuci Rambutnya di Luar Angkasa Para astronom di Inggris juga dikabarkan menemukan dua lagi bintang raksasa aneh selain VVV-WIT-08. Temuan ini kemungkinan bisa menjadi anggota kelas baru bintang “raksasa berkedip”, yang tentu saja masih harus diselidiki secara serius oleh para astronom. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.